Guru Bukan Babu

Berbicara tentang pe

117190_09393803082014_Guru

ndidikan tentu saja tidak akan pernah habis untuk di perbincangkan. Mulai dari kurikulum, sarana prasarana pendidikan dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu aspek yang tidak boleh kita tinggalkan dari dunia pendidikan adalah sosok seorang guru. Guru adalah pendidik di sekolah, salah satu tugas utamanya adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada siswanya. Guru juga berperan untuk membantu siswa dalam mewujudkan cita- citanya. Namun di masa sekarang guru sangat berperan aktif untuk membentuk mental dan karakter seorang anak. Bahkan peran guru dalam hal ini dirasa lebih banyak ketimbang orang tua dari siswa tersebut.

Namun terkadang ada saja orang tua siswa yang tidak mau ikut berperan aktif dalam pengawasan terhadap anaknya. Orang tua seakan sudah melampiaskan tanggung jawab mereka kepada guru. Namun pada dasarnya pembentukan moral dan mental anak seharusnya mendapat dukungun dari semua pihak. Orang tua dan guru harusnya saling berkolaborasi dalam hal mendidik dan membentuk moral mental mereka.

Tugas guru adalah mendidik siswanya. Di perkembangan jaman seperti sekarang tak jarang banyak orang tua menyalahkan sang guru. Seorang siswa melakukan perbuatan asusila di sekolah, lalu sebagai seorang guru tentu sangat wajar untuk memberikan teguran dan mendidiknya agar tidak berbuat hal seperti itu lagi. Keras atau lebut tentu saja guru memiliki tips dan trik agar siswa itu mengerti. Dan tentu saja guru sudah memiliki batasan apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam hal mendidik. Perlu di garis bawahi Guru memiliki Cara tersendiri dalam mendidik siswanya. Namun masih banyak saja orang tua yang tidak mengerti akan hal tersebut. Seorang siswa dimarahi oleh seorang guru pasti ada alasan yang jelas dan sudah pasti guru itu mempunyai tujuan agar siswa itu mau berubah. Orang tua diharapkan tidak hanya menerima informasi dari satu sisi saja namu orang tua diharapkan juga dapat mendengar penjelasan dari seorang guru juga. Ingat GURU bukanlah BABU Dalam pendidikan. Guru juga butuh kolaborasi untuk menciptakan generasi muda yang baik. Jangan hanya selalu memarahi dan menyalahkan guru apabila anaknya di bentak disekolah. . Jangan hanya selalu memarahi dan menyalahkan guru apabila anaknya memiliki mental yang buruk. Orang tua harus juga turut serta dalam mendidik anaknya, tidak hanya dilampiaskan ke guru disekolah saja. Ingat guru adalah pendidik generasi muda yang sangat peduli. Guru bergerak karena peduli. Dan perlu diingat GURU bukanlah seorang BABU yang bisa disuruh dengan suka hati lalu dibentak dengan sekeras hati.

Selamat hari pendidikan nasional, semoga pendidikan di Indonesia semakin di mengerti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s